Pages

Subscribe:

Minggu, 18 Desember 2011

KUMPULAN DOA DOA

Doa Berlindung Dari Musibah Berat

Segala sesuatu yang berlangsung di dunia ini pada hakikatnya telah ditetapkan oleh Allah. Bahkan, pergerakan satu molekul dari satu tempat ke tempat lain juga sudah ditentukan oleh-Nya. Semuanya tidak lepas dari campur tangan-Nya. Termasuk garis kehidupan manusia. Setiap musibah dan malapetaka yang menimpa manusia sudah ditetapkan oleh-Nya. Namun begitu, bukan berarti ketentuan tersebut tidak bisa diubah. Allah Mahakuasa untuk mengubah ketentuan-Nya asalkan manusia memohon. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini berisi permohonan agar kita dijauhkan dari qada yang buruk, termasuk musibah berat, kecelakaan, dan kejahatan para musuh. Insya Allah dengan itu, kebahagiaan duniawi dan ukhrawi pun diraih.
Bacaan Doa Berlindung Dari Musibah Berat
“Allaahumma innii a’uuzubika min jahdil balaa’i wa darakisy syaqaa’i wa suu ‘il qadaa’i wa syamaatatil a’da ‘i”
Arti Doa Berlindung Dari Musibah Berat
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang berat, celaka yang menimpa, keputusan (qada) yang buruk, dan kejahatan para musuh. (H.R. Bukhari)”

Doa Mohon Kebaikan Agama, Dunia, dan Akhirat

Dalam kehidupan di dunia ini setidaknya ada dua aspek yang saling berkaitan: urusan dunia dan urusan akhirat. Urusan dunia bertautan dengan segala hal yang menunjang kehidupan kita di dunia ini, termasuk sandang, pangan, dan papan. Terpenuhinya ketiga hal pokok tersebut merupakan salah satu syarat kebahagiaan di dunia. Sementara, urusan agama berhubungan dengan kualitas keagamaan, peribadatan, dan penyembahan kita kepada Allah. Dengan memperbaiki ibdah kita, insya Allah kita akan dapat meraih kebahagiaan di akhirat nanti.
Semua orang pasti menginginkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Untuk membantu kita meraihnya, berikut ini doa yang biasa dipanjatkan oleh Nabi.
Bacaan Doa Mohon Kebaikan Agama, Dunia, dan Akhirat
“Allaahumma aslih lii diinii allazii huwa ‘ismatu amrii wa aslih lii dunyaaya allatii fiihaa ma’aasyii, wa aslih li aakhiratii allatii fiihaa ma’aadii. Waj’alil hayaata ziyaadatan lii fii kulli khairin, waj’alil muta raahatan lii min kulli syarrin.”
Arti Doa Mohon Kebaikan Agama, Dunia, dan Akhirat
“Ya Allah, perbaikilah agamaku yang menjadi pusat urusanku, perbaikilah duniaku yang menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai peristirahatanku dari setiap keburukan. (H.R. Muslim)”

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan

Kesulitan dan halangan seakan merupakan hukum alam yang mesti dihadapi setiap orang. Untuk memecahkan sendiri masalah tersebut seringkali manusia terlampau lemah. Karena itu, kadangkala dia harus meminta pertolongan orang lain. Tetapi, orang lain itu juga tidak bisa menjamin dapat menyelesaikan masalah. Yang dijamin bisa melakukannya adalah Allah yang mengatur segala kehidupan manusia. Allah yang menurunkan masalah, Allah pula yang menghapuskannya. Karena itu, bersandar kepada Allah adalah sebuah kemestian. Keyakinan dan kebiasaan seperti ini perlu kita camkan dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
Doa berikut ini mengandung pelajaran penting bagi kita. Dalam segala urusan kita mesti tawakal kepada Allah. Dalam doa ini terdapat permohonan agar Allah tidak menyerahkan urusan atau masalah itu sekejap mata pun kepada kita tanpa bantuan-Nya. Sebab, tiada daya dan upaya kecuali hanya milik-Nya. Kita tidak ingin sedetik pun ditinggal oleh-Nya. Kita mengemis uluran tangan-Nya setiap saat dan setiap waktu. Yang kita mau Allah senantiasa menolong, membimbing, dan mengasuh kita, tanpa henti.
Bacaan Doa Ketika Menghadapi Kesulitan
“Allaahumma rahmataka arju, fala takilnii ilaa nafsii tarfata ‘ainin wa aslih li sya ‘nii kullahu laa ilaaha illa anta”
Arti Doa Ketika Menghadapi Kesulitan
“Ya Allah, aku sangat mengharapkan curahan rahmat-Mu, maka janganlah Engkau menyerahkan urusanku pada diriku sekejap mata pun, dan baguskanlah segala keadaan bagiku. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (H.R. Abu Daud)”

Doa Ketika Mendengar Orang Tertimpa Musibah

Syukur adalah hal penting untuk kehidupan sehari-hari, tetapi acap kita lupakan. Kesehatan misalnya, seolah menjadi hal yang biasa dan jarang kita syukuri. Untuk bisa membangkitkan rasa syukur akan nikmat kesehatan, sekali-kali jenguklah orang sakit. Saksikan keadaannya dan bandingkan dengan diri kita. Dengan begitu, niscaya kita akan mensyukuri kondisi kita yang sehat.
Karena itu, ada sebuah prinsip yang perlu dipegang untuk menanamkan rasa syukur dalam hati, yakni dalam urusan duniawi, usahakan untuk melihat ke bawah (orang yang keadaannya lebih menderita dari kita). Doa di bawah ini mengandung pelajaran tersebut, yakni dorongan untuk bersyukur atas segala nikmat Allah ketika orang lain ditimpa musibah.
Bacaan Doa Ketika Mendengar Orang Tertimpa Musibah
“Alhamdulillaahil lazii ‘aafani mimmabtalaaka bihi wa faddalanii ‘alaa kasiirin mimman khalaqnaa tafdiilan”
Arti Doa Ketika Mendengar Orang Tertimpa Musibah
“Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang engkau derita, dan yang telah memberikan berbagai kelebihan kepadaku atas kebanyakan makhluk ciptaan-Nya. (H.R. Tirmizi)”

Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit

Mungkin tidak berlebihan kalau dinyatakan bahwa kesehatan adalah pangkal kebahagiaan. Sebab, dengan kesehatan maka kita bisa menikmati apa pun. Kenikmatan makan misalnya, baru bisa dirasakan apabila kondisi kita sehat. Begitu pula kenikmatan-kenikmatan lainnya.
Di era modern seperti sekarang ini, aneka penyakit baru terus bermunculan. Penyakit-penyakit yang tidak pernah dikenal di masa lalu kini muncul dengan beragam jenisnya. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Kita berlindung kepada Allah dari aneka penyakit tersebut. Doa di bawah ini mengandung permohonan agar kita senantiasa dilindungi dari penyakit-penyakit ganas.
Bacaan Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit
“Allaahumma innii a’uuzubika minal barasi wal junuuni wal juzami wa sayyi’il asqaam”
Arti Doa Mohon Perlindungan Dari Penyakit
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit sopak, gila, kusta, dan penyakit-penyakit ganas lainnya. (H.R. Ibnu Majah)”

Doa Mohon Pertolongan dan Ketawakalan

Manusia adalah makhluk yang lemah dan rapuh. Dia tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendirian. Dia memerlukan bantuan dan pertolongan dari Tuhan yang menciptakannya. Karena itu, dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk sering-sering mengingat Allah dan memohon pertolongan-Nya. Itulah inti dari doa di bawah ini — penyerahan segala urusan kepada-Nya dilandasi alasan karena hanya Dia yang menguasai semuanya. Bahkan kita juga tidak ikut memiliki diri ini.
Doa ini biasanya dibaca sebelum tidur.
Bacaan Doa Mohon Pertolongan dan Ketawakalan
“Allaahumma aslamtu nafsii ilaika wa fawwadtu amrii ilaika wa wajjahtu wajhii ilaika wa alja ‘tu zahrii ilaika ragbatan wa rahbatan ilaika, la malja ‘a wa la manjaa illaa ilaika aamantu bikit’abikal lazii anzalta wa nabiyyikal lazii arsalta”
Arti Doa Mohon Pertolongan dan Ketawakalan
“Ya Allah, aku pasrahkan diriku kepada-Mu dan aku serahkan pula segala urusanku kepada-Mu, dan aku sandarkan punggungku kepada-Mu, baik karena banyak harapan maupn rasa takut kepada-Mu. Tidak ada tempat untuk berlindung dan tempat untuk menyelamatkan diri dari siksa-Mu melainkan hanya dengan pertolongan-Mu. Aku tetap beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan tetap beriman kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus. (H.R. Bukhari)”

Doa Mohon Kecintaan Allah

Tidak ada yang lebih mencintai manusia melebihi Allah. Allah yang MahaAgung begitu mencintai hamba-Nya. Bahkan, ketika mereka berulang kali melakukan kesalahan dan memohon ampun, Ia tidak pernah menutup pintu ampunan. Kalau bukan karena cinta dan rahmat Allah yang begitu luas, mungkin dunia ini sudah binasa sejak dahulu dikarenakan dosa dan maksiat para penghuninya. Tetapi, rahmat Allah mendahului murka-Nya.
Doa di bawah ini merupakan permohonan agar kita senantiasa dicintai oleh-Nya. Sebaliknya, kita pun memohon agar dalam sanubari ini dihujamkan rasa cinta kepada-Nya.
Bacaan Doa Mohon Kecintaan Allah
“Allaahumma innii as’aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal ‘amalal lazii yubbaligunii hubbaka. Allaahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli.”
Arti Doa Mohon Kecintaan Allah
“Ya Allah, aku memohon curahan cinta-Mu dan kecintaan kepada orang-orang yang mencintai-Mu, serta mohon curahan amal yang dapat mengantarkan diriku mencintai-Mu. Ya Allah, jadikanlah kecintaan kepada-Mu lebih tertanam dalam jiwaku melebihi kecintaanku kepada diri sendiri dan keluargaku. (H.R. Tirmizi)”




Tidak ada komentar:

Posting Komentar